40 Persen Kanker Bisa Dicegah


* Kanker menyebabkan satu dari setiap delapan kematian di seluruh dunia.

(doc Corbis)

Sekitar 40 persen penyakit kanker dapat dicegah dengan menghindari faktor pemicu seperti konsumsi rokok, alkohol, dan makan berlebih. Risiko kanker juga dapat ditekan melalui olahraga teratur dan vaksinasi pencegah kanker.

Dikutip dari Time, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap bahwa kanker menyebabkan satu dari setiap delapan kematian di seluruh dunia. Angka ini lebih tinggi daripada akumulasi kematian akibat AIDS, tuberkulosis dan malaria.

WHO memperingatkan bahwa tanpa perubahan besar dalam penanganan, kematian akibat kanker di dunia akan meningkat dari sekitar 7,6 juta tahun ini menjadi 17 juta pada 2030.

Dalam laporan International Union Against Cancer, para ahli mengatakan, sekitar 21 persen dari semua jenis kanker disebabkan oleh infeksi seperti human papillomavirus (HPV), penyebab kanker rahim, dan infeksi hepatitis penyebab kanker lambung dan hati.

Vaksin pencegah kanker tersedia secara luas di negara-negara maju, tapi tidak demikian dengan negara berkembang. Hampir 80 persen kematian akibat kanker serviks terjadi di negara-negara miskin.

“Para pembuat kebijakan di seluruh dunia memiliki kesempatan dan kewajiban menggunakan vaksin ini untuk menyelamatkan kehidupan manusia dan mendidik masyarakat mereka terhadap pilihan gaya hidup dan mengendalikan langkah-langkah yang mengurangi risiko kanker,” kata Cary Adams, Direktur Eksekutif International Union Against Cancer.

Menurut para pakar, sejumlah kanker yang menyerang paru-paru, payudara dan kolon dapat dihindari dengan mengubah kebiasaan dan gaya hidup. Dengan berhenti merokok, membatasi konsumsi alkohol, menghindari terlalu banyak sinar matahari, serta menjaga berat badan melalui diet sehat dan olahraga, adalah cara terbaik menghindari kanker (VIVAnews).

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: